Wisata Museum Ulen Sentalu

Bersama teman sekantor pada hari minggu di Bulan Juli 2012 kami melaksanakan wisata museum. Ceritanya karena ada rekan yang belum pernah mengunjugi museum yang terkenal. Padahal besar dan lahir di Jogja. Bersepuluh orang kami menggunakan micro bus. Perjalanan kami menuju area lereng Gunung Merapi di Kaliurang. Tepatnya adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini adalah museum swasta dengan pengelolaan terbaik di Indonesia.

Didirikan oleh keluarga Haryono yang merupakan keluarga pengusaha. Dengan harga tiket Rp.30.000 kami masuk ditemani seorang guide. Lingkungan museum dikeliligi oleh pepohonan lebat. Perjalanan kami pertama masuk banyunan buatan di bawah tanah yang dinamanya Gua Sunyaragi. Pemberhentian kami pertama di ruangan yang berisi Gamelan Jawa. Dengan penjelasan dari guide kami dapat memahami posisi gamelan dalam kehidupan orang jawa.

Melanjutkan perjalanan kami, sepanjang lorong terpampang foto, dokumentasi ataupun lukisan yang menceritakan kehidupan raja raja jawa. Memang dalam museum memang di dedikasikan pada keraton jawa, yaitu: Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Pura Mangunegaran dan Pura Pakualaman.

Lebih khusus lagi, museum ini mendedikasikan kepada wanita. Bagaimana posisi wanita pada masa itu sagat berpengaruh dalam ketatanegaraan sebuat kerajaan. Bisa dilihat dari beberapa foto yang memperlihatkan Ibu dari seorang raja yang memegang “Kunci Gombyok” di tanganya. Kunci tersebut merupakan kunci pembuka dari alamari atau ruang khusus yang ada di Kerajaan.  Hal tersebut berarti bahwa ibu dari seorang raja mepunayai kekuasaan yang besar di dalam kerajaan.

gusti-nurulDi dalam sebuah ruangan juga didedikasikan kepada Gusti Nurul . Seorang puteri dari Mangunegaran. Puteri ini terkenal karena cantik. Melalui foto saya pun mengakui hal tersebut. Bisa dibilang tidak hanya cantik tapi juga berparas ayu. Ruang Putri Dambaan. Ruang ini adalah album hidup GRAy Siti Nurul Kamaril Ngarasati Kusumawardhani. Ruang Putri Dambaan ini diresmikan sendiri oleh Gusti Nurul pada ulang tahunnya ke-81 pada tahun 2002.

Beliau terkenal juga ketika masih belia menari di pesta pernikahan Putri Juliana di Belanda yang mengundang kerajaan yang dibawah kekuasaaanya. Hebatya, gamelan  yang mengiringinya diperdengarkan melalui media gelombang radio langsung dari Pura Mangkunegara. Hehehe jadi saat itu sudah bisa streaming…

Terdapat banyak koleksi dari Gusti Nurul seperti foto, pusisi, surat surat yang semuanya otentik dan langsung didapat dari Gusti Nurul Sendiri. Saat ini Gusti Nurul masih hidup dan berusia sekitar 80 tahun. Sekarang Beliau tinggal di Bogor.

Museum Ullen Sentalu terletak di Kawasan Kaliurang di Lereng Gunung Merapi, Yogyakarta. Tiket masuk Museum Ullen Sentalu terjangkau dan sebanding dengan pengalaman yang kita dapatkan selama tour mengunjungi museum. Museum yang didirikan oleh keluarga Haryono dari Yogyakarta ini berada di bawah payung Yayasan Ulating Blencong. Museum Ullen Sentalu mulai dirintis pada tahun 1994 dan diresmikan pada tanggal 1 Maret 1997. Dapat ditempuh 45 menit dari kota Jogja menuju arah Gunung Merapi di Sleman Utara

Harga tiket masuk
Tiket : Rp. 30 000 (nusantara)
Rp. 25 000 (pelajar mancanegara)
US $ 5.00 (manca negara = Rp.50.000)

Jam operasional
Jam buka tiket : Selasa – Minggu, pk. 09.00 – 16.00 WIB
Hari Libur Nasional tetap buka

Alamat
Jl.Boyong Taman wisata Kaliurang,
telp (62-0274) 895161, 895131
Sekretariat : Jl. Plemburan 10 Yogyakarta 55581
Telephon : (62-0274) 880158,
Fax : (62-0274) 881743

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


7 + = 9