Wisata Museum Sangiran: Mengunjungi Saudara Tua

Kali ini perjalanan saya mengunjungi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sragen. Terletak di sebelah  timur dari Kota Solo, tempat yang saya kunjngi adalah Museum Sangiran. Lepas dari Jogja di pagi hari. Butuh sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Saya sampai di museum ini sekitar jam 10 pagi. Masuk kompleks museum kita akan disambut gerbang  berbentuk gading yang berukuran besar.

Selesai parkir kendaraan saya menuju tiket. Dengan harga tiket Rp.3.000 di tangan saya bergegas menuju pintu masuk.

Masuk ke dalam museum ini serasa terlempar ke lorong waktu dan kembali kemasa prasejarah dimana manusia masih primitif dengan keadaan seperti sekarang. Ketika manusia jawa saat itu masih hidup di dalam gua gua.

Di dalam diaroma tergambar jelas bagaimana kehidupan di masa lampau dan bagaiman manusia prasejarah saling membangun sistem masyarakat.

museum-sangiranSeperti di daerah Trinil, di sekitar Sangiran memang banyak diketemukan peninggalan berupa fosil purba. Baik fosil hewan maupun manusia purna. Sebelumnya diprediksi Sangiran dulunya adalah lembah subur yang merupakan tempat berkumpul makhluk hidup. Sehingga konsentrasi temuan benda purba di sini sangat banyak.

Sekita 1 jam lamanya saya asik melihat ‘Saudara Tua’ kita pada zamanya. Setelah selesai say a bergegas menuju kendaraan untu menuju ke destinasi selanjutnya. Sebenarnya saya kembali lagi ke arah Jogja. Namun saya mampir dulu di Istana Puta Mangkunegaran.

Di Pura Mangunegaran saya menghabiskan waktu 1 jam lamanya menikmati keindahan arsitektur perpaduan Jawa dan Kolonial tersebut.

Selesai dari Istana Mangkunegaran saya meluncur mencari oleh oleh untuk di bawa pulang. Pilihan saya akhirnya adalah makanan khas solo yaitu Srabi Notokusuman. Srabi ini berada di daerah Notokusuman, Solo. Srabi ini adalah makanan khas solo yang terkenal. Hemm selain makan ditempat tidak lupa membungkus beberapa untuk oleh oleh di rumah.

Ketika waktu beranjak sore saya kembali ke Jogja. Butuh sekitar 2 jam perjalanan dari Solo. Karena memang arus kendaraan cukup padat.

Tips:

• Sragen bisa dikunjungi dalam satu hari perjalanan dari Jogja.