Wisata Keraton Mangkunegaran: Kekayaan Budaya Yang Lestari

Wisata Keraton Mangkunegaran Solo, Belum lama lalu berkesempatan mengunjungi ke Isatana Mangkunegaran di Solo. Kadipaten yang dibangun oleh RM Said yang kelak bergelar Sri Mangkunegoro I. Kami tidak akan bercerita sejarah yang sudah banyak diulas. Perjalanan saya dari Jogja menggunakan Kereta Prameks dari Stasiun tugu menuju Stasiun balapan saya tempuh hanya 45 menit. Hanya dengan biaya murah pula, Rp. 20.000 dengan kereta Prameks, Sri Wedari maupun Madiun Jaya

Turun di Sta. Balapan perjalanan saya diteruskan dengan becak. Sambil melewati keramaian di Surakarta. Hanya sekitar 15 menit saya sampai di Mangkunegaran. Biaya becak saya kasih Rp. 10. 000 disertai ucapan Maturnuwun Pak..

Mangkunegaran boleh dibilang merupakan keturunan Dinasti Mataram yang saat ini masih mempunyai peninggalan yang dijaga. Kalau boleh dibandingkan kondisi Mangkunegaran lebih bersih dan lebih bagus dari pada Kasunanan Solo.

Selain itu Mangkunegaran juga mempunyai seni budaya yang adilihung. Salah satunya adalah Sendratari Kolosal Matah Ati. Pertunjukan ini sukses dipentaskan di Jakarta, Solo bahkan sudah sampai ke Singapura. Kisahnya bercerita tentang kehebatan para prajurit wanita dari Pangeran Sambernyawa ketika menghadapi Belanda.

Bangunan depan Joglo Pura mangunegara

Bangunan depan Joglo Pura mangunegara

Gerbang masuk wisatawan dari sebelah barat

Gerbang masuk wisatawan dari sebelah barat dengan arsitektur eropa

Masjid Mangkunegaran

Hanya saja halaman depan atau alun alun tidak terawat. Saya masuk Keraton dari akses samping yang iasa dilalui wisatawan. Masuk Mangkunegara cukup takjub juga. Bangunan bergaya eropa dari pintu gerbang dan bangunan mendominasi. Sedangkan bangunan jawa asli dapat terlihat dari bangsal utama yang merupakan joglo paling besar yang ada. Joglo ini mampu menampung hingga 5000 orang.

Tips:
Naik Prameks lebih baik dari Sta. Tugu atau Sta. Balapan agar mendapat tempat duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


1 + 9 =