Wisata Dieng

Butuh sekitar 4 jam dari jogja untuk sampai di Dieng. Tidak beda dengan Jogja, Dieng pun gerimis  mengundang. “Walaupun hujan tapi suhu udara yang dingin tidak seberapa dingin dibandingkan  pada musim panas. Bisa bisa kemana mana bawa sarung kata penjual makanan yang kami temui. Tidak ada yang berubah dari Dieng, pun pasca keluarnya asap berbahasa dari salah satu kawah  Dieng. Yang unik adalah belitan pipa pipa pralon di sepanjang jalan bahkan melintang diatas  jalan. Bahkan sampai naik ke lereng lereng bukit. Pipa tersebut berfungi unutk mengairi  lahan kentang yang menjadi produk utama dieng.

Tujuan pertama kami adalah Telaga Warna. Sayang pada saat kami datang telaga warna tidak  bisa dinikmati keindahanya. Pada saat cuaca cerah telaga warna akan terlihat sangat indah.  Memyai beberapa warna dari hijau biru dan putih. Hal tersebut karena kandungan sulfur dan  lumut yang membiaskan cahaya matahari.

Perjalanan kami dilanjutkan ke obyek selanjutnya. Adalah kawah sikidang yang selalu  menyembyrkan sulfur yang membumbung tinggi. Kawah Sikidang merupakan kawah yang terpopuler  dan terbesar di Dieng. Bau belerang yang menyengat menyambut kami. Hati hati bagi anda yang  tidak kuat bau menyengat sebaiknya mempergunakan kain penutup hidung. Dikejauhan terlihat  asal sulfur membubung. Sebagian uap panan yang dihasilkan disalurkan unutk PLTU.  Disekitarnya terdapat beberapa sumber air panas belerang. Sejauh mata memandang warna tanah  juga berwarna putih menandakan tinginya endapan belerang.

Puas menikmati kawah sikidang kami kembali ke tempat parkir mobil. Tidak lupa membeli  gorengan anget anget asik. Sedang bebrapa kawah yang tidak sempat kami kunjungi adalah  kawah sinila, kawah sitimbang.

Perjalanan kami dilanjutkan ke Candi pandawa yang tidak terlalau jauh dari Kawah Sikidang.  Setelah memarkit kendaraan, kami turun menuruni jalan setapak. Candi pandawa tersebar di  lahan luas hijau yang indah. Sangat bagus view yang kami dapatkan hari itu.

Obyek wisata lain yang tidak kami lewatkan adalah Dieng Plateu, dimana kami bisa melihat  secara visual tentang kegunung apian khususnya di dieng dan proses pembentukanya. Hem  sekitar 6 jam kami di Dieng. Sekitar jam 4 sore kami memutuskan kembali ke JOgja.

Apa yang bisa dinikmati di Dieng:

  • Kawah Sikidang dan Sinila
  • candi Pandawa
  • Telaga Warna
  • Dieng Plateu Theater
  • Tuk Bimalukar

Tiket

  • Masuk  retribusi wisatawan Lembah Dieng ( BUKAN DATARAN TINGGI DIENG ) Rp. 2.000,- / orang.
  • Setelah Masuk Dieng  anda dapat membeli tiket terusan untuk 4 ( empat ) obyek yaitu komplek Candi Arjuna + Kawah Sikidang + Dieng Plateau Theater + Telaga Warna. ( Obyek Wisata Poros)
  • Untuk wisnus Rp. 12.000,-/ Orang dan untuk wisman Rp. 20.000,- / Orang
  • tiket per obyek yaitu Rp. 3.000,-/ Orang wisnus dan Rp. 10.000,- / Orang Wisman

Lokasi:

  • Masuk Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Jarak tempuh:

  • Maksimal 3.5 jam pejalanan dari jogja

Tips berkunjung ke dieng:    Dieng mempunyai hawa dingin, Sedia selalu jaket tebal atau sarung tangan.

  •     Siapkan jas hujan atau payung, terutama di musim  hujan.
  •     Salah satu yang tidak bisa diprediksi adalah turunnya kabut yang bisa menutupi beberapa  obyek.
  •     Saat hujan turun anda kan di datangi penyewa payung, tanyai terlebih dahulu berapa harga  sewanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


1 + = 8