Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur memang terkenal, Siapa tak kenal Candi Borobudur? Berlokasi di Magelang Jawa Tengah, candi  ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Setiap tahun ratusan ribu  Wisatawan mengunjungi Borobudur. Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu “biara di perbukitan”. Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO.

Saat ini Borobudur memberikan tiket harga yang semakin tinggi. Namun walaupun demikian untuk layanan yang diberikan masih sama saja. Hanya saja memang saat ini unutk aturan baru yang diberlakukan adalah menggununakan kain batik. Penggunaan tersebut dilakukan karena candi ini sebenarnya juga adalah tempat beribadah Agama Budha yang masih digunakan.

Candi Borobudur sebagi peninggalan dunia yakni candi Budha terbesar di dunia

Candi Borobudur sebagi peninggalan dunia yakni candi Budha terbesar di dunia

Kalau misalkan anda capek dan ingin melihat areal Candi  Borobudur secara keseluruhan, Anda bisa menggunkanan kereta wisata yang tersedia di kompleks tersebut.

kereta wisata borobudur

Kalau ingi menikmati area candi secara keseluruhan dari pada capek bisa naik kerena mini

Pengunjung diwajibkan mengenakan batik yang disediakan secara gratis

Pengunjung diwajibkan mengenakan batik yang disediakan secara gratis

Borobudur Sunrise

Salah satu keunikan lagi dari Borobudur adalah wisata Sunrise. Wisata ini memang mahal. Pengunjung dapat menikmati keindahan sunrise dari Borobudur. Kalau pentu reguler bagi pengunjung dibuka pada pukul 6.30, sedangkan jika paket sunrise kita bisa masuk candi maulai pukul 5 pagi dengan pemandu. Nah kalau ingin menikmati sunrise di Borobudur bisa mendapatkan tiket di Hotel Manohara yang berada di satu kompleks dengan candi. Harganya mahal juga.

Package Price :
Asing : IDR 380.000 per person
Domestik : IDR 250.000 per person
In house guest (who staying at Manohara): IDR 230.000 per person

Harga Tiket Candi Borobudur:

 

  • Setiap orang dikenakan Rp.30.000 untuk wisnus
  • Wisman dikenakan $20
  • Dispensasi bagi rombongan pelajar

Lokasi
Magelang Jawa Tengah, maksimal 1 jam perjalanan dari Yogyakarta

Jam buka:

  • Operasional buka mulai 06.30-17.00

Tips:

  • Bawalah Payung atau topi karena cuaca terik.
  • Kenakan kain batik yang diberikan pengelola.
  • Untuk guide disediakan dengan biaya Rp.75.000
  • Jika ingin mengikuti paket borobudur sunrise atau wisata naik gajah bisa menghubungi Hotel Manohara di sebelah kompleks Candi Borobudur
  • Untuk pedagang asongan memang cukup mengganggu. Tolaklah secara halus jika anda tidak mau membeli

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


4 + = 13