Sultan Tancapkan paku Emas Pada Puncak Tugu Jogja Yang Baru

Bagi anda yang akan mengunjungi Jogja mungkin salah satu agenda anda adalah berfoto disekitar area Tugu Jogja. Nah saat ini Tugu Jogja dalam tahapan finishing revitalisasi Tugu Jogja. Revitalisasi tersebut mencakup menggantian aspal di sekitaran tugu menjadi lantai batu. Selain itu juga penyepuhan ornamen tugu dengan prada emas dan penggantian Kemuncak (puncak) Tugu yang berbentuk ulir dengan Kemuncak yang baru.

Kemuncak Tugu sendiri berumur sama dengan umur tugu yaitu  123 tahun. Puncak tersebut diganti karena mengalami pengeroposan. Kemuncak lama dikembalikan ke Kraton Jogja untuk dimuseumkan.sedangkan Kemuncak baru berukuran tinggi 1,5 meter dengan diameter 36 centimeter saat ini sudah dipasangkan. Kemuncak dilapisi prada emas kualitas no 1 dari China.

Sultan Pasangkan Paku Emas Pada Kemuncak Tugu Jogja

Selain itu dalam proses pemasangan Kemuncak Tugu sebelumnya terlebih dahulu Raja Kraton Jogja Sri Sultan HB X mecancapkan paku seberat 7 gram 22 karat.  “Paku emas ini melambangkan kharisma saja. Ya semoga begitu. Kan Kraton hubungannya vertikal dengan Illahi,(habluminallah) itu ke Utara dan habluminannas atau hubungan manusia ke selatan. Yang penting pada waktu di sitinggil tidak ada halangan,” kata Sultan.

Nah tahapan selanjutnya dan revitalisasi akan membuat area tersendiri di sebelah selatan Tugu yang nantinya sebagai wahana untuk informasi tentang Tugu Jogja. selain itu dari sini pengunjung bisa menikmati keindahan Tugu atau berfoto dengan background Tugu Jogja. nantinya memang pengunjung tidak akanbisa menyentuh Tugu seperti saat ini. Tugu nanti akan dibati dengan pagar dan taman.

Namun yang pasti keindahan dan keagungan Tugu Jogja sekarang semakin terpancar.

One thought on “Sultan Tancapkan paku Emas Pada Puncak Tugu Jogja Yang Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


+ 4 = 8