Sultan Ditetapkan Melalui Paripurna DPRD

 Sidang paripurna ke-43 DPRD DI Yogyakarta yang berlangsung Jumat 21 September 2012 di gedung DPRD DIY menetapkan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DI Yogyakarta untuk periode 2012 – 2017.

Penetapan gubernur dan wakil gubernur DI Yogyakarta tersebut sebenarnya tergolong cepat mengingat UU Nomor 13/2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta baru ditandatangani Presiden Yudhoyono 3 September.

Dalam kesempatatan tersebut, hadip pula Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan. Rapat paripurna yang berlangsung berbeda dengan DPRD di daerah lain. Dewan setempat hanya memproses politik Sri Sultan dan Paku Alam berdasarkan pengajuan administrasi dari pihak Kraton dan Paku Alam. Proses suksesi tidak melalui pemilihan layaknya pemilihan calon gubernur di daerah lain.

Menurut Ketua DPRD DI Yogyakarta Yoeke Indra Laksana, bahwa berdasarkan keputusan paripurna, maka DPRD DI Yogyakarta sepakat mengusulkan pengesahan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DI Yogyakarta kepada Presiden RI melalui Mendagri. Keputusan tersebut diambil setelah 54 dari 55 anggota Dewan setempat menyatakan mufakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


1 + = 4