Pernikahan Putri Sri Sultan

Pernikahan Putri Sri Sultan HB X. Pernikahan  Akbar Keraton Yogyakarta akan digelar pada 16-19 Oktober 2011. Sedangkan untuk upacara wisuda gelar calon pengantin akan dilaksanakan pada 3 Juli 2011 di bangsal Purworetno Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat.Keraton Yogyakarta saat ini sedang mempersiapkan para penari yang akan tampil pada perhelatan pernikahan puteri bungsu Sultan HB X yang juga finalis Miss Indonesia 2009, GRA Nurastuti Wijareni dengan M Ubaidillah.

Pernikahan akbar keraton Yogyakarta tersebut akan melibatkan delapan kereta kencana keraton, diantaranya Kereta Kyai Jong Wiyati yang nantinya akan membawa iringan kedua mempelai saat kirab menuju Bangsal Kepatihan.

Sedangkan untuk tariannya, tengah dipersiapkan Tarian Bedoyo Manten yang akan dibawakan enam perempuan dan Tari Lawung yang ditarikan 12 penari laki-laki dari keraton. Latihan dilakukan di keraton dan Ndalem Yudhonegaran.

Pada 23 Juli 2011, para penari tersebut akan di uji coba tampil di Taman Budaya Solo. Sedangkan dalam prosesi kirab nanti, selain kereta kencana ada pula kirab prajurit keraton, diantaranya Mantrjero dan Wirobrojo yang akan membawa bendera gula kelapa.

Seperti yang diungkapkan adik Sri Sultan, GBPH Joyo Kusumo (Gusti Joyo) mengatakan pesta pernikahan puteri bungsu Sultan tersebut diselenggarakan untuk rakyat. Wew! another cinderella story.. bakal nyaingin William-Kate nich hehee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


+ 8 = 16