Pantai Sundak

Nama pantai Sundak mulai digunakan setelah pantai ini menjadi tempat pertarungan anjing (Asu: bahasa jawa) dan landak (Landak: bahasa jawa). Sehingga seing disebut secara mudah Sundak. Pertarungan terjadi karena seekor aning yang sedang kelaparan secara kebetulan berjumpa dengan seekor landak. Disana, terdapat batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut.

Daya tarik lain pantai ini adalah pohon-pohon yang membuatnya sejuk, hembusan angin laut diosekitar pantai akan semakin membuat kita betah dan ingin kembali kesini.

Saat ini Pantai Sundak di Kabupaten Gunung Kidul menjadi salah satu destinasi pantai yang banyak dikunjungi. Kalau boleh dibilang sih pasti akan terpesona dengan hamparan putih pasir pantai ini.

Gimana nggak bikin betah. Hamparan pasir putih dan birunya air laut pasti akan menggoda kita untuk berlama lama

Gimana nggak bikin betah… Hamparan pasir putih dan birunya air laut pasti akan menggoda kita untuk berlama lama

Pasti ga akan rugi jika anda mengunjungi salah satu pantai cantik di Gunung Kidul ini

Pasti ga akan rugi jika anda mengunjungi salah satu pantai cantik di Gunung Kidul ini

Lokasi:

Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

Foto: pesonagunungkidul.com

85 thoughts on “Pantai Sundak

    1. jogjakini

      Pak kalau ke sundak cukup mudah bapak,
      Dari Jogja menuju wonosari. Setelah masuk kota akan terdapat papan nama ke Pantai Sundak. Untuk papan nama ke sundak sangat banyak. Jadi tidak akan tersesat.

      Reply
  1. cita

    apakah ada angkutan umum (bis, angkot, elf) untuk menuju pantai2 yang ada di wilayah gunung kidul seperti baron, sundak, kukup, krakal, drini, wediombo, timang, siung, sadeng dll? thanks.

    Reply
  2. rony

    dari yogya kita naik apa ya ke wonosari nya? kami niat mau jadi backpacker sekitar januari mendatang..
    trus dari wonosari pake apa menuju pantai sundak ini?
    punya info penginapan? atau travel? mohon pencerahannya pak

    Reply
  3. Prasetyo

    Pertama ke Pantai ini diajak cewe gw, ampun deh bersih bgt pantainya…..Ketagihan ampe sekarang….Klo ke jogja pasti tak sempetin kesana.

    Paling oke menurut gw diantara jajaran BARON , KuKUP dan sekitarnya….. Sayang yg terkenal malah pantai2 yg sangat kotor seperti parangtritis…

    Jalan menuju ke sana sepi, sekitar 45 menit dr wonosari, 1o menit saja dr pantai baron, ndak ada kendaraan umum. saya sarankan bw kendaraan pribadi, or sewa mobil dr jogja.

    Reply
  4. ryaan martin

    pak, kalo pantai sundakdan pantai siung,jauh atau enggak dari pantai baron,krakal,kukup.?dimohon jawabannya segera.karena saya besertaa rekan akan kesana minggu -minggu ini..
    dimohon dikirim ke email saya di
    seikozaze@yahoo.com

    Reply
  5. Ariita

    Sundaak tu kerend banged
    pantai.na belum banyak orang lagi
    pemandangan.na pun gag kalah ma pantai2 di Bali

    i love Jogja :D

    Reply
  6. iann

    pak . saya mau kesana ..
    saya dr bogor pak !!
    tolong jelaskan bagaimana supaya saya bisa kesana tp saya mau naek keretaa !!

    Reply
  7. Rieanty

    kalau bawa bus besar ke pantai sundak bisa g???cz aq m tmn” punya planning k sna…tlong dijawab zha..pak… thanx before

    Reply
  8. ardhi

    pak , saya dan teman” pd tgL 25 Feb brencana prgi k pantai di jogja ,,
    tpi bingung mau k pantai mana ,,
    baro , kukup ,krakal ,siung , dan sundak , kirany mana yg Lbii bgs y pak ?
    ,,
    di sundak ap trdpt smcm resort ?

    ,kami akn menggunakan bus berukuran besar ,,
    ,apa medan dsna dpt dilalui bus berukuran sprti itu ?

    bpk pny alternatif pantai lain yg krng Lbii mempunyai spesifikasi yg sama sprti pantai sundak ?

    terimakasih

    Reply
      1. arnolt

        buat mas ardi.saya pnya referensi pantai yg lebih bagus dan jalannya jg lebih nyaman daripada pantai sundak.yaitu pantai krakal dan pantai srawu..
        letaknya kra2 stgh jam smpai 1 jam dari pantai sundak kearah timur..tepatnya di daerah pacitan..
        kalau pantai krakal tmpatnya sepii bgt..cocok buat yg mau suasana tenang.tp klo pantai srawu,mmg dkhususkn buat pantai priwisata,tp ttp sja pantainy sepi..jarang2 org pergi ksana.mmg resort atau hotel tidak ad ddaerah pantainya,..tp saya jaminn,penduduk sekitar bs mmbantu baik tmpat tinggal maupun utk makan.saya sudah 3x ksana.

        Reply
  9. yoyo

    shallom…
    mau tanya ne Mas,, kalau mendirikan camp d sana 1 hari tak apa kan??
    cuma sekitar orang 10 kok…
    bagaimana??
    please jawab ya..

    Reply
  10. Jhadnya

    Mas mau tanya, kalau dari wonosari ke pantai sundaknya masih jauh ya?..
    dan jarang transportasi umum ya? kalo mau rental mobil rasanya ngga masuk budget soalnya.. :D :D biasa, backpacker kere sih.. :)

    kira2 berapa kilo dari terminal wonosari mas?…

    Reply
  11. dini

    saya berencana ke sundak dan menginap semalam di sana
    apakah ada penginapan atau menginap di rumah penduduk?
    akses menuju sundak, jalannya ngeri g?
    lebih baik pakai motor atau mobil dari jogja?
    terima kasih
    mohon infonya ke email ank020201@yahoo.com

    Reply
  12. lika

    kalo dari pantai baron kira-kira berapa jam ya pak??
    rencana mw ke pantai baron dulu trus ke sundak, dan aksesnya ke pantai sundak sulit ga kalo pake bus??
    makasih sebelume..

    Reply
  13. klmno pqrst

    mas/pak, klo mau naik mini bus yg dari wonosari ke sundak, nunggu bisnya lama ga? cz katanya di wonosari sepi jalannya, ntar klo nunggu bisnya kelamaan kaya orang ilang. makasih

    Reply
  14. klmno pqrst

    pulang dari pantai ke terminal wonosari naik apa ya pak?
    cz ada yg blg minibusnya ga selalu tujuannya ke pantai,,, klo mau ke pantai katanya carter minibus dulu ya? trus pulangnya gimana ya? tks

    Reply
  15. witri

    butuh dana berapa ya kalo mau ke pantai sundak ?
    soalnya.. saya mau liburan ke jogja selama 2 hari 1 mlm ?

    Reply
  16. seiya

    pantai sundak sangat menawan
    ga ckup sekali kesana. paling enag piknik breng temen2
    ga rugi kalo ke sundak… percaya deh

    Reply
  17. fitri

    mas, klo penginapan yang murah di Jogja, klo bisa daerah deket-deket ke malioboro berapa yah? kira-kira mas tau ga?

    Reply
    1. jogjakini

      Salatiga-Boyolali-Jatinom-Prambanan-Jembatan Layang Janti belok kiri (masuk ring road timur)- Pemempatan 1 (Dekat RSU TNI AU) terus-Perempatan 2 (Jl Wonosari) Ambil Kiri masuk jl wonosari-dari sini terus sampai masuk wonosari.

      Plang namaya lengkap dari wonosari

      Reply
  18. amallya

    kira2 biaya buat ke sundak berapa ya?minggu dpan rencana backpacking ke jogja jd irit biaya . trm ksh

    Reply
  19. adithya

    hallo mas, saya tnggal di godean, sleman..
    klau mau ke pantai sundak yang pling dket lewat mana yah..???
    dan yang pling sepi sama razia..??? hehee..
    tengkyu atas blasanya..
    ditunggu…”,)

    Reply
  20. Edwin

    numpang nanya, emang jalan kesana rawan banget ya kalo pake bis besar?? soalnya rencanya nanti tanggal 14 mo kesana pake bis besar..tq

    Reply
  21. Edwin

    Pak misi numpang tanya, emang kalo pake bis besar jalannya rawan dan susah banget ya?? soalnya rencananya 3 hari lagi mo kesana..tq

    Reply
  22. robby cah wnsri.

    klo biaya msk 1 mtr hr biasa ituksrn 5 rb , klo mobil it y sktr 15rbuan , trgntg hr lbr ato hr biasa, klo dr arh wnsri kpntai baron it jrgskli plg tdk 45 – 60 mnt bru ad transprtsi, klo dari arh wnsri k pntai slain bron it gk ad trsprtsi, so sy srnkn bwa kndraan pribadi, klo dr arh wnsri anda msh bngung slhkn anda tny warga sktr arh pntai bron . dr arh wnsri ad plkt kok arh pntainya, sran pntai yg bgus it siung, wediombo, kukup dll . oh y d daerh pntai krakal atau kukup maaf sya sdkt lpa ad tmpt pngnapan kls melati kok,

    Reply
  23. saiful

    Pak…
    mohon maap neh,,mau numpang tanya,,
    klo di pntai sundak skrang sudah ada penginapan nya belum yaa pak?
    klo ada boleh minta CP(Contact Person) nya pak?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih pak

    Reply
  24. ika hermina

    mau tanya….lokasi p. sundak dari arah solo paling dekat lewat darah mana??? n kalo dengan bus besar bisa g’ mencapai pantai tsb. kita berencana habis lebaran mau kesana……n kira2 berapa jam kalo dari solo?

    minta alamat lengkap n denahnya ya pak……..

    terimakasih

    Reply
  25. Ray Guna

    oooooooooohhh…… Asu-Landak (Pantai Sundak)!! tetap asri alami walau pasir dan batunya terkikis olah tangan jahil manusia untuk hiasan akuarium… pantai indah penuh kenangan saat aku memotret teman duduk di batu kodok di bawah ceruk bukit pantai Sundak, tiba-tiba gelombang besar muncul di kejauhan selatan, untunmg masih bisa lari jadi kami masih selamat atas izin Allah SWT, alhamdulillah… itu tahun 1982

    Reply
  26. poss

    mau tanya kalo ke sundak , siung , tapi lewat jalur imogiri lewat mana aja ya ? trus lebih cepet dari arah wonosari apa imogiri ?? lebih bagus sundak apa siung ? mksh

    Reply
  27. Retno

    maap mas, bisa saya minta tolong denah dan alamat lengkap p.sundak. Juga kira2 brp lama perjalanan dari solo ke p.sundak? Ditempuh dgn mtr. tolong di email saya aja y mas,, terimakasih banyak sebelumnya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


2 + 3 =