Museum Gunung Merapi (MGM) Jogja

Merapi Jendela Bumi, itulah tema yang diambil Museum Gunung Merapi (MGM). Museum ini terletak di Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Sudah mulai beroperasidan diresmikan 1 Oktober 2009.

MGM mempunyai luas  3,5 hektar dengan luas bangunan 4.470 meter persegi yang terdiri dari dua lantai. Museum ini akan difungsikan untuk wahana informasi, penelitian, pendidikan, dan wisata tentang kegunungapian.

Museum Gunung Berapi Tampak Depan

Museum Gunung Berapi Tampak Depan

Fasilitas yang ditampilkan antara lain maket Gunung Merapi, animasi erupsi Merapi, plasa tematis, gedung teater, dan foto-foto dokumentasi aktivitas gunung-gunung berapi dunia.

MGM saat ini belum selesai 100% untuk harga tiketnya pun belum ditentukan.

Apa yang dilihat:
Beberapa kOleksi benda utama yang dipajang di MGM antara lain “batu bom” Gunung Merapi atau “vulcanic bomb”, yakni batuan pijar berdiameter 65 mm lebih yang terbentuk dari lontaran material letusan Merapi. Selain itu juga dipajang barang milik warga di kawasan wisata Kaliadem yang tertimbun lahar panas erupsi Gunung Merapi 2006 seperti wajan, panci, piring dan alat masak lainnya yang rusak terkena erupsi Merapi, serta rangka sepeda motor milik korban yang tewas di bungker Kaliadem 14 Juni 2006.

sisa erupsi merapi

Beberapa sisa erupsi Merapi yang dapat kita lihat

Museum Gunung merapi ruang pamer

Ruang pamer berbagai jenis tipe letusan

Museum MGm Lorong waktu

Melewati lorong waktu…

Ada juga foto-foto Gunung Merapi, serta foto erupsi Gunung Merapi dari 1900 hingga 2007, batu-batuan gunung dan diorama Gunung Merapi.

Kedepan saya yakin MGM akan menjadi salah satu obyek wisata yang bagus di Sleman. Tentunya kolo dibarengi dengan pengelolaan dan pemeliharaan yang baik.

Seperti pada umumnya museum yang dikelola pemda lainnya, memang keadaan secara umum tidak terlalu prima. Walaupun dari segi bangunan, museum ini bisa terbilang megah. Hanya saja perjalanan kedepan beberapa fisik bangunan mengalami kerusakan dan belum mendapat perbaikan.

Lepas dari hal tersebut, MGM adalah museum yang bertema kegunungapian atau vulkanologi. Khususnya berkaitan dengan pengetahuan tentang gunung api di Indonesia. Diaroma yang disajikan disini cukup beragam dan dan menarik.

Selain menyajikan informasi tentang vulkanologi di Indonesia, MGM juga banyak menyajikan informasi tentang Gunung Merapi. Berbagai informasi tentang aktivitas Gunung Merapi sejak awal mula tersaji di sini. Bahkan foto foto merapi abad 18 dapat kita lihat juga.

Selain itu di MGM juga tersedia fasilitas teater yang berisi film tentang Gunung Merapi. Hanya dengan Rp. 5.000 kita bisa melihat film tentang merapi selama 30 menit.

Dari Museum MGM kita bisa tau bagaimana Gunung Merapi mempunyai posisi yang dekat dengan manusia di sekitarnya. Dari Merapi juga mempengaruhi kondisi sosial budaya hingga saat ini. Termasuk juga bagaiman bersahabat dengan salah satu Gunung terakttif di dunia ini.

Lokasi:
Lokasi MGM merupakan satu jalur ke  obyek  wisata kaliurang. Untuk menuju MGM dapat melalui dua jalur, yaitu Jalan Kaliurang dari sisi timur dan Jalan Boyong (menuju Kaliurang bagian barat) dari sisi barat. Apabila melalui sisi timur sebelum masuk pintu gerbang kurang lebih 1 kilometer belok kiri kira?kira 2 kilometer sudah sampai kelokasi. Kalau melalui arah barat pengunjung bisa lewat Jalan Boyong setelah pintu  gerbang masuk kawasan Kaliurang belok kanan. Jalannya saat ini sedang dalam pengerjaan, jalannya cukup lebar karena dibuat dua jalur, jalur keluar dan masuk

22 thoughts on “Museum Gunung Merapi (MGM) Jogja

  1. Puji lestari

    Harga tiket untuk perorangan/rombongan berapa ya mas? trus bukanya hari apa & jam berapa? kalau boleh nomor yang bisa dihubungi ? makasih!

    Reply
  2. Arry

    Mas kalau dari Solo Arahnya lewat mana ? and lokasinya pakai bus besar bisa nggak ya ? trus fasilitas lainnya disana apa aja ya ? trims. jawabnya.

    Reply
  3. Ina

    mas, kalo pakai kendaraan umum pakainya apa y?? saya ga apal daerah jogja, karena saya kebetulan tinggal di bandung.. thanks

    Reply
    1. jogjakini

      Bisa..kalo turun di terminal giwangan naik bus jurusan kaliurang (bisa bus baker atau yang lain). Nanti turun di terminal kecil di pakem. dari pakem naek angkuran kecil yang kearah kaliurang via jl bebeng. nanti jalanya yang agak jauh dari jl bebeng ke MGM sekitar 1 km. saya sarankan pake kendaraan pribadi seh..

      Reply
  4. mar

    sekarang masi direnovasi.. tar kalo uda jadi bakal ada tempat nonton film tentang gunung berapi + ada tempat simulasi gempa..
    tiket 3000/ orang
    jam buka tiap hari (senin libur) dari jam 9 – 15.30

    Reply
  5. kodzan

    wah kapan mas berdirinya museum itu? apakah setelah tahun 2004? kayaknya pas waktu saya masih di Jogja dulu, belum ada tuh museum….

    salam kenal
    kodzan.blogspot.com
    kpadaku.blogspot.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


7 + 1 =