Mitos: Larangan Pasangan Berkunjung di Prambanan akan Pisah?

Mungkin bagi sebagian orang di Jogja tau tentang mitos tentang Candi Prambanan. Bagi pasangan dilarang berkunjung ke Candi Prambanan kecuali kalau sudah menikah. Mitos tersebut berdasarkan legenda Roro Jonggrang yang batal menikah dengan Bandung Bondowoso karena siasat Roro Jonggrang. Sehingga dia dikutik oleh Bandung Bondowoso menjadi patung.

Kisah tersebut berawal letika Rara Jongrangyang terkenal jelita ingin dipersuntuing oleh Pangeran Bandung Bondowoso. Jonggrang bersedia asalakan dia dibuatkan 1000 buah candi dalam satu malam. Karena kesaktian Bandung Bondowosa, dengan batuan jin dia mengabulkan permintaan itu. Saat patung sudah mencapai 999 buah Jonggrang resah.

durga mahesasuramardhini atau Rara Jongrang

Akhirnya dengan tipu daya dia bersama dayangnya membuat api besar di sebelah timur candi yang belum selesai tersenbut. Selain itu dia menyuruh dayangnya untuk membangunkan ayam yang masih tertidur. Pasukan jin yang mengira waktu sudah pagi segera tunggang langgang padahal hanya kurang menyisakan satu buah patung.

Sadar akan siasat Jonggrang, Bandung Bondowosa marah. Akhirnya dengan kesaktianya Jonggrang dikutuk menjadi patung yang melengkapi ke 1000 candi yang dibuatnya. Saat ini patung jonggrang masih ada di bagian barat kompleks Candi Prambanan. Patung tersebut berbentuk wanita cantik dan bertubuh molek. Sedangkan kalau sebenarnya patung yang disebut sebagi Rara Jonggrang tersebut adalah patung Dewi durga mahesasuramardhini yang merupakan isteri Dewa Shiwa

Dari legenda turun temurun di atas dipercaya barang siapa pasangan yang berkunjung tidak akan jadi menikah. Walaupun tentu saja anda boleh percaya boleh tidak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


+ 1 = 2