Krebet: Sentra Industri Batik Kayu

Salah satu desa wisata yang menarik perhatian adalah Desa Wisata Krebet di Bantul Yogyakarta. Potensi utama dari desa ini adalah batik kayu. Batik yang lazimnya ditorehkan di atas kain, namun para pengrajin di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul telah mengembangkan batik menggunakan media kayu. Memang potensi dusun yang terletak di pegunungan tandus sekitar 20 km dari Kota Yogyakarta ini memang terkenal dengan batik kayunya. Mereka tidak mempunyai lahan yang mempu menghasilkan berbagai hasil pertanian.  Berbagagai hasil kerajinan seperti topeng kayu, miniatur binatang, dan pernik hiasan lainya dihiasi motif-motif batik dengan proses layaknya membatik di atas kain. Jenis kayu yang digunakan sebagai bahan dasar adalah kayu lunak diantaranya sengon, pule dan mahoni.


desa wisata krebet yogyakarta Kemiskidi pemilik galeri kerajinan batik kayu Sanggar Peni , mengatakan bahwa kerajinan batik kayu ini sumberekonomi yang menjanjikan bagi warganya. Dari kerajinan ini rata-rata warga mendapat pemasukan denganomset bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Pasar dari batik tulis ini antara lain dalam negeri seperti Bali, Jakarta, dan Surabaya namun telah menembus pasar mancanegara di Asia, Eropa dan timur tengah.

desa wisata krebetDi Krebet juga disediakan fasilitas home stay bagi yang ingin menginap dan merasakan atmosfer pedesaan, jauh dari hiruk-pikuk kota. Menurut kepala desa setempat Sapto Sarosa, beberapa waktu lalu sejumlah turis dari Jepang menginap di sini, selain tertarik dengan kerajinan batik kayu, mereka menyukai suasana alami di Krebet (nug: dari berbagai sumber)

14 thoughts on “Krebet: Sentra Industri Batik Kayu

  1. abdul azis

    asalamualaikum…..
    pak saya mau tanya :
    1. untuk didaerah kerebet ada berapa unit usaha kerajinannya?
    2.pemasaaranya sampai mana saja?
    3.apakah di dusun lain ada kerajinan batiok kayu?

    Reply
  2. jogjakini

    Pak Abdul Aziz
    Untuk unit usaha banyak pak, sekitar 20 unit. Sedang untuk pasar selain langsung ekspor ke amerika dan eropa, saat ini sebagian besar didistribusikan ke bali.
    Untuk batok kayu, saat ini saya belum menemukan di jogja.

    Reply
  3. bas

    Bagus .. di daerah kec Sentolo kab kulon Progo, juga ada dusun Krebet, tapi blom ada sektor home industri yang bisa sampai ekspor .. padahal sama juga lho .. kalo kemarau .. kelihatan padang .. alias daun-daun pada jatuh semua .. untuk di kembangkan di sektor pertanian atau hortikultura juga gak bisa maksimu kliatannya. bisanya ke sektor kerajinan atau peternakan.

    Reply
  4. Diena

    Batik kayu sangat menarik sekali,apalagi kalo dijadikan tema untuk Tugas Akhir. Maka dari itu saya ingin sekali mengangkat tema ini untuk menyelesaikan kuliah saya. Insyaallah, dalam waktu dekat ini saya akan pergi ke Desa Krebet, tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan sebelum menuju kesana, diantaranya:
    1. Apakah di sentra pembuatan batik kayu desa krebet ramai dikunjungi wisatawan?
    2. Sarana transportasi apa yang bisa digunakan untuk menuju desa krebet apabila dari malioboro, mahalkah biayanya? Dan berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk menuju desa tersebut?
    3. Apakah di desa tersebut sering diadakan festival-festival budaya masyarakat desa tersebut?Bila ada festival apa saja dan kapan pelaksanaannya?
    Sebelum dan selebihnya saya ucapkan terimakasih.

    Reply
  5. Ari

    Saya sangat tertarik dengan kerajinan anda dan jika tidak keberatan saya ingin minta alamat anda beserta contact numbernya.

    Terimakasih

    karyajatibali

    Reply
  6. rony

    kalau pengusaha topeng batik yang butuh kayu pule asal sinjai bisa hubungi saya lewat email atau hp.081342928377

    Reply
  7. Sahabat Usaha

    Kami ingin mengenalkan produk yang dapat menambah keuntungan usaha bapak, yaitu TOP DRY GEL produk ini berfungsi mengurangi kelembaban pada saat penyimpanan atau pengiriman barang,sebagaimna kita ketahui klembaban dapat mengakibatkan munculnya berbagai mikroorganisme yg dapat merusak kualitas produk kita sperti jamur,karat,luntur warna dll…sehingga kita mmbutuhkan bahan untuk menyerap atau mengurangi kadar kelembaban tersebut agar suhu menjadi sll kering….

    kami memiliki berbagai macam tipe produk yg dpat dsesuaikan dengan penggunaanya serta dgn harga yang kompetitif;
    Top Dry Gel kmasan 25-1250 gram Rp. 2000-32.400/pcs
    Silica white dan natural kmasan 1-100 gram Rp. 15.600-33.600/kg.

    produk kami tlah lulus uji laboratorium dalam dan luar negeri….

    berminat hubungi kami;
    PT. SAMUDERA JAYA
    Tlp. 08812680061/085742191507

    Reply
  8. riki tri fauzi

    assalamualaikum
    saya riki dari jakarta,setelah saya lihat artikel-artikel batik kayu ini,saya jadi ingin mengangkat batik kayu ini menjadi tugas kuliah saya.
    mungkin dalam waktu beberapa hari ini saya akan kjogja.
    saya harap batik kayu ini bisa jadi tema untuk tugas kuliah saya.

    Reply
  9. nova hartanta

    mas alamat dusun krebet mana mas?
    kami dari Perusahaan KITOKINI, ingin memasarkan kerajinan dan kerjasama
    contack person :
    02746661239 / 0817268793

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


8 + 5 =