Kipo Kotagede

Kipo merupakan makanan khas dari Kotagede. Jajanan pasar lebih tepatnya. bentuknya kecil, berwarna hijau rasanya manis.isinya dari  kelapa yang dikasih gula jawa. Nama ‘kipo’ sendiri berasal dari ‘iki opo’ (ini apa?) yang disingkat.

Makanan ini cuma di temuin di Jogja tepanya di Kotagede. Pusat penjualan makanan ini emang ada di Kotagede, yang paling terkenal di tempatnya bu Djito, tepatnya di jalan Mondorakan no. 27 Kotagede. Konon kabarnya kios Bu Djito inilah yang memulai penjualan Kipo di Kotagede, dan sekarang udah turun-temurun sampe generasi ke berapa gitu.

Kipo Kotagede

Kipo Kotagede

Pembuatan Kipo

Pembuatan Kipo

Satu potong kipo besarnya tidak lebih besar dari jempol tangan orang dewasa rata-rata berbentuk bulatan kecil. Terbuat dari adonan tepung ketan sebagai kulit luarnya.Untuk isian yang dinamakan enten-enten yang terbuat dari parutan kelapa muda yang dicampur dengan gula jawa. Perpaduan enten-enten dengan kulit kipo yang terbuat dari ketan yang diadoni dengan santan dan sedikit garam ini setelah dipanggang akan menghasilkan rasa yang manis-manis gurih.

Warna hijau bukan pewarna kimia, tetapi berasal dari pewarna alami dari perasan daun suji untuk mewarnai kiponya. Jadi, jangan heran kalau kipo yang Anda temukan semuanya berwana hijau dan enten-enten sebagai isiannya berwarna coklat karena merupaka campuran parutan kelapa muda dan irisan gula jawa. Warna hijau kulit kipo diakibatkan oleh efek pewarna alami yang berasal dari perasan daun suji. Jadi, jika Anda suatu ketika menemukan kipo berwarna selain hijau Anda boleh bercuriga.

Untuk ngedapetin makanan yang satu ini, gak perlu ngeluarin uang banyak kok, seribu rupiah aja udah dapet tiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


1 + 9 =