Coffee Shop di Yogyakarta, dari Sekedar Nongkrong sampai Nonton Film Indie

Sedikit kafein dalam secangkir kopi memang teman yang paling tepat untuk melewatkan sore dan malam, baik dalam kesendirian ataupun keramaian. Karenanya, menikmati kopi di cafe-cafe yang ada di Yogyakarta tentu menjadi agenda wisata yang mengasyikkan. Sambil menikmatinya, anda bisa mengenal lebih dekat Yogyakarta lewat komunitas-komunitas yang nongkrong di dalamnya.

Terdapat beragam konsep cafe, mulai dari yang masih dekat dengan konsep awal hingga cafe yang telah menyesuaikan diri dengan budaya Yogyakarta kekinian. Menu kopinya pun beragam, ada menu klasik espresso hingga kopi khas Indonesia seperti Jawa, Aceh, dan Toraja. Di cafe-cafe itu, berdiam komunitas penwggerak seni, pecinta buku hingga komunitas cyber seperti bloggers dan gamers.

Anda yang gemar membaca dan berinteraksi dengan para pecinta buku bisa mengunjungi Deket Rumah Cafe yang terletak di Sagan serta Coffee Break Cafe yang berlokasi di di Jalan Kaliurang. Beragam buku dengan berbagai tema, mulai dari bacaan ringan seperti komik hingga buku yang mengusung tema filsafat bisa didapatkan di kafe itu sehingga akan memuaskan hasrat membaca anda.

Di Deket Rumah, anda bisa membaca buku-buku sastra yang dikarang oleh penulis lokal maupun manca. Ada buku karya penulis Indonesia legendaris Sutan Takdir Alisjahbana, Pramoedya Ananta Toer dan N.H Dini hingga penulis peraih Nobel Sastra seperti Milan Kundera, Nawal el Sadaawi dan Umberto Eco. Beberapa buku bahkan bisa disewa dengan persyaratan tertentu.

Jika ingin menikmati kopi sambil mengenal lebih dekat Yogyakarta lewat karya para senimannya, anda bisa mengunjungi Via-Via Cafe yang terletak di Prawirotaman, V-Art Gallery and Cafe yang ada di Jalan Solo dan Djendelo Cafe yang berlokasi di ujung utara Jalan Gejayan. Kafe-kafe itu berfungsi ganda, selain sebagai tempat menikmati kopi juga sebagai ruang pameran seni.

Beberapa pameran pernah diadakan di kafe tersebut, misalnya Pameran Lukisan Pesawat Tempur yang diadakan pada November 2006 lalu di Via-Via Cafe. Di Djendelo Cafe juga sering diadakan berbagai macam pameran lukisan, begitu juga di V-Art Galery yang sering menggelar pemutaran video yang digarap oleh seniman Yogyakarta.

Kemudahan berselancar di dunia maya dan berinteraksi dengan para anggota komunitas cyber adalah tawaran lain yang diusung Lor Kali Cafe yang terletak di dekat Jalan Gejayan dan Kedai Kopi yang ada di Selokan Mataram. Lewat fasilitas komputer yang tersambung jaringan internet ataupun fasilitas hotspot, di Kedai Kopi anda bisa berselancar di dunia maya secara gratis.

Bila lebih suka menggunakan jaringan internet untuk bermain game, anda bisa mendatangi Empire yang berada di ujung utara Jalan Gejayan. Tempat yang baru saja dibuka ini telah menjadi salah satu pusat kegiatan para gamers di Yogyakarta. Selain itu, tempat ini juga menyediakan kafe nyaman yang cocok untuk beristirahat sejenak kala lelah bermain.

Meski tak mau menjuluki dirinya coffee shop, Kinoki yang terletak di Jalan Suroto Kotabaru juga menyajikan beragam menu kopi dan suasana open space yang nyaman. Selain memanjakan anda dengan kopi, tempat yang bermotto ‘bukan bioskop, bukan coffee shop’ itu juga menjadi tempat berkumpul para seniman Yogyakarta yang bergerak di bidang perfilman.

Setiap hari Kinoki menyuguhkan film-film menarik, mulai yang telah memenangkan berbagai festival film hingga film-film indie yang digarap oleh sineas-sineas muda berbakat Indonesia. Selain itu, Kinoki kadang juga menjadi tempat menggelar pembacaan cerita pendek, puisi, obrolan ringan dan bahkan peragaan busana.

Umumnya, kafe-kafe di Yogyakarta buka mulai pukul 17.00 WIB, namun banyak pula yang buka dari siang hari. Kedai Kopi dan Coffe Break adalah beberapa kafe yang buka mulai siang hari, sekitar pukul 10.00 – 24.00 WIB. Sementara Kinoki dan Djendelo Cafe baru mulai buka pada pukul 17.00 dan mulai memutar film sekitar pukul 19.30 WIB.

Naskah: Yunanto Wiji Utomo

Sumber: Yogyes.com

6 thoughts on “Coffee Shop di Yogyakarta, dari Sekedar Nongkrong sampai Nonton Film Indie

  1. albert

    cobain aqeela coffee resto mas..^^
    AQEELA COFFEE RESTO
    JL.KALIURANG KM 6,3 NO 5 Yogyakarta

    24 HOURS COFFEE RESTO
    DISCOUNT 20% FOR TELKOMSEL USER
    more info & reservation
    - Free Hotspot - Presentative Meeting
    - No Smoking Room/Vip Room – Area Parkir Luas
    - TV cable - Buffet Concept
    - Giant Screen - Ala Carte Concept
    - LCD Projector - Discount
    - Sport Event (Liga Inggris, Liga Italia, Moto GP, F1) – Birthday Party
    - Membership - Gathering
    - Live music Every Friday & sunday NIte

    for further information:
    0818 263 207 (albert)
    0274 880018

    best regards
    AQEELAMANAGEMENT

    Reply
    1. Ratih

      Kok lucu ya mas, coffee shop gak ada smoking room? Saya cari yang ada smoking room dan buka 24 jam. Saya dari Jkt mau reunian sama teman2 kampus, di Jogja… Thanks…

      Ratih (41)

      Reply
  2. dika

    WIZZ Cafe, gowok, utara rel kereta, satu jalan dengan Ola Bakery

    Menu kopi andalan al:
    1. Antoniette Norren Coco
    2. Nippon Soldiers
    3. Columbian coffee
    4. Istambul Tiramissu
    dll

    FREE HOTSPOT!!

    harga dibawah 10 ribu semua….!!
    tempat nyaman dan santai

    0274-9237899
    anda ingin menyelenggarakan pesta atau gathering, silahkan hubungi nomor diatas kami siap membantu dengan budget yang ada, kami beri solusi yang terbaik..
    coz wizz cafe it’s cafe it’s yours!!!

    Reply
  3. adi

    mas q minta alamat t4nya,soalnya q mau ngadain acara ultah.dan q mau liat t4nya dulu.cocok tow g????

    to: dika

    sms me :087839083172

    Reply
  4. ian

    Bagi para pecinta coffee, bisa di coba

    Kedai Kopi Espresso Bar..
    1. Jalan Kaliurang km 5.8 ( Perempatan Kentungan )
    2. Jl. Bougenville no 1 (Selokan Mataram belakang mirota Gejayan).

    Kedai Kopi Espresso Bar Buka dari:
    11.00 – 03.00 (untuk Kedai Kopi Kentungan)
    15.00 – 03.00 (untuk gejayan)

    Kedai Kopi Espresso Bar (KeiKo) merupakan outlet dan merek dagang yang dimiliki dan dioperasikan oleh Teammates Coffee Indonesia (TMCI). TMCI adalah sebuah perusahaan yang menspesialisasikan keahliannya dibidang manajemen sebuah coffee house atau sebuah Espresso Bar yang berpusat di Yogyakarta.

    KeiKo dikonsepkan secara kontinyu sebagai tempat yang mengedepankan affordability (terjangkau), comfortability (kenyamanan), dan quality (kualitas) di setiap outletnya.

    Saat ini Kedai Kopi Espresso Bar telah di buka di 7 kota di Indonesia Jogja,Solo,Malang,Jambi,Surabaya,Jakarta, dan Purwokerto..dan dalam waktu dekat akan di buka di Palu Sulawesi..

    Kami menawarkan Menu kopi dengan menggunakan Coffee Indonesia dari sabang sampai merauke dengan kualitas yang terbaik..
    berikut diantaranya:

    Linthong,Gayo,Mandhaeling,Java,toraja,LUWAK..

    dan menu racikan lain seperti:

    Cappuccino,Latte,cafe mocha,Swiss Chocolatte,GALVACINO,Hot Cocolatte,dan banyak lainnya…

    Kami juga menyediakan tempat kami untuk gathering,meeting,nonton bareng,Birthday party,dan lainnya..

    hanya dengan memesan menu,maka anda dapat mengadakan event anda di Kedai Kopi..

    untuk informasi lebih lanjut hubungi:

    ian
    Marketing Manager TMCI
    0817265636, 0274 542530
    email:ian.biki@kedaikopi.info
    ym:ian_coffee99
    or click http://www.kedaikopi.info

    “we appreciate You as we appreciate our coffee”

    Reply
  5. kiky

    ada cafe baru mas namanya WADJAH COFFEE alamat di jalan wahid hasyim no 3 gorongan condong catur yogyakarta. Chocolate hazelnutnya enak. Sajian kopinya mereka bagi dengan volume dan kualitas premium dan gold. Harganya terjangkau. Tempatnya asyik banget kayak lounge2 di bandung gitu.
    Bukanya setiap selasa – minggu. Jam 4pm-2am. fasilitasnya Free Hotspot, meeting room,TV cable +Giant Screen +LCD Projector, gathering, birthday party, bisa nonton bareng (liga inggris, moto gp, f1), kalo hari jumat ada live band. Untuk pecinta blues and jazz sangat direkomendasikan untuk datang.
    ni mas linknya http://www.facebook.com/profile.php?id=100001254814776

    Selamat mencoba :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


+ 8 = 13