Benteng Kraton Nantinya akan terlihat Megah

Kraton Yogyakarta- Rencana Pemda DIY dan Pemkot Kota Yogyakarta untuk merevitalisasi benteng merupakan rencana yang bagi saya adalah sebuah langkah besar. Benteng kraton yang mengitari Kraton Jogja sepanjang 1.4 km jika nantinya bisa diekspos pasti akan terlihat hebat. Saat ini memang kondisi benteng hanya terlihat pada beberapa bagian saja. Benteng atau baluwarti tersebut sebagian besar tertutup pemukiman dan pertokoaan.

Terlebih lagi pada sisi barat dan timur tertutup rapat. Selaini itu diselah selatan akan segera dikembalikan “Jagang”nya. Jagang adalah parit dalam yan berfungsi agar musuh tidak bisa menjangkau benteng. Dahulu parit diisi dengan air dan dihuni buaya.

Benteng kraton direncanakan akan direvitalisasi untuk mempertlihatkan bangunan aslinya.

Benteng kraton direncanakan akan direvitalisasi untuk mempertlihatkan bangunan aslinya.

Yang unik nanti di Plengkung Gading untuk lalu-lalang dari luar dan dalam benteng kita akan melewati jembatan penyeberangan. Saya sendiri yakin, kalau memang terlaksana, Jogja akan punya icon baru dibidang pariwisata.

Namun memang tanah yang berada di sebelah selatan benteng saat ini didiami oleh masnyarakat sebagia hunian ataupun sebagai tempat usaha. Sehingga perlu pendekatan tersendiri untuk mengembalikan fungsinya seperti semula. Namun niatan dari pemerintah tersebut diharapkan dapat dipahami oleh penghuni lahan tersebut. Mengingat lahan tersebut adalah tanah milik kraton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


9 + 2 =