Batik Giriloyo Imogiri: Tumbuh Dengan Pewarnaan Alam

Giriloyo adalah sebuah daerah diselatan Jogja tepanya di Imogiri Bantul Yogyakarta. Daerah ini memang terkenal dengan Batik Giriloyo. Walaupun memang selain batik desa ini terkenal juga dengan gurahnya. Nah untuk mencapai sentra batik Giriloyo cukup mudah. Kita bisa menyusur melalui Jl Imogiri Timur Yogyakarta. Sebelum masuk Kecamatan Imogiri kita belok kiri mengikuti papan penunjuk arah. Dusun Giriloyo berada di sekitar 1 km dari komplek Makam Raja raja Mataram Imogiri, tepatnya desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Imogiri, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebenarnya aktifitas membatik di dusun ini sejak berdirinya komplek Makam raja-raja Imogiri pada tahun 1654. Sejak saat tersebut pihak keraton menugaskan beberapa abdi dalem untuk menjaga komplek makam, dank arena seringnya berhubungan pihak kraton penduduk setempat mendapatkan keterampilan membatik dengan motif batik halus keraton.

Pasca gempa yang melanda Jogja beberapa tahun lalu beberapa LSM kembali mendampingi masyarakat untuk membatik lagi. Hingga saat ini Giriloyo kembali menjadi sentra batik tulis halus di Jogja. Batik Giriloyo bertahan pada motif tradisional ditengah beberapa pengrajin membuat motif batik modern. Selain itu, salah satu keunikan dari Batik Giriloyo adalah beberapa batik menggunakan pewarnaan alam, yaitu dengan merebus berbagai bagian tanaman untuk menghasilkan warna tertentu.

Jika anda berminat bisa juga belajar membatik di tempat ini. Banyak sanggar gatik yang menawarkan program membatik secara singkat.

Warga Giriloyo sampai saat ini masih tetap mempertahankan batik tulis

Warga Giriloyo sampai saat ini masih tetap mempertahankan batik tulis

Salah satu tahapan pembuatan Batik Giriloyo dengan diangin anginkan

Salah satu tahapan pembuatan Batik Giriloyo dengan diangin anginkan

Salah satu keunikan Batik giriloyo adalah menggunkan pewarnaan alam

Salah satu keunikan Batik giriloyo adalah menggunkan pewarnaan alam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


8 + 2 =