Bale Raos: Masakan Citarasa Sri Sultan

Kraton Yogyakarta sebagai pusat budaya, kaya dengan aneka jenis budaya adiluhung yang hingga kini masih cukup exis, salah satunya budaya makanan. Kini masyarakat dapat mencoba aneka Hidangan Khas Kraton Yogyakarta yang disuguhkan oleh Bale Raos.

Bale Raos adalah salah satu dari sedikit restoran yang menyajikan masakan kesukaan Sultan Yogyakarta, dari masakan favorit Sultan Hamengkubuwono VII sampai ke Sultan Hamengkubuwono X. Semua bahan untuk masakan tersebut berasal dari ramuan-ramuan dan rempah-rempah tradisional.

Selain menikmati hidangan yang khas, pada hari-hari tertentu dapat dihadirkan live gamelan dan tarian jawa klasik (beksan), dan setiap Sabtu malam Bale Raos menyajikan live performance musik keroncongan.

Juru masak yang terlatih akan menyuguhkan hidangan bercita rasa tinggi yaitu masakan favourite dari Sri Sultan Hamengku Buwono VII sampai ke Sultan Hamengku Buwono X, serta berbagai hidangan keluarga Kraton Yogyakarta.

Bale Raos berada di sekitar kompleks Kraton Yogyakarta (tepatnya di Jl. Magangan Kulon No.1 Kraton Yogyakarta)

Beberapa menu andalan Bale Raos antara lain: dalam Hidangan Pembuka ada Soup Tomat (Menu favorit HB IX), Soup Timlo (Menu favorit HB X), Soup Lidah, Soup Kacang Merah, dll. Kemudian di Hidangan Utama ada Sayur Klenyer (Menu favorit HB IX), Daging Lombok Kethok (Menu favorit HB VII-IX), Semur Ayam Panji (Menu favorit HB VII), Semur Piyik (Menu favorit HB VII), Gecok Ganem (Menu favorit HB IX), Dendeng Ragi (Menu favorit HB IX), dll. Hidangan spesial terdiri dari Bebek Suwar-Suwir (Menu favorit HB IX), Roti Jok (Menu favorit HB IX), Dendeng Age (Menu favorit HB VIII), dll. Dan untuk hidangan penutup serta snack, Bale Raos menyediakan berbagai pilihan menu makanan tradisional dengan rasa dan nama makanan yang cukup unik, yaitu Manuk Nom (Menu favorit HB VII dan HB VIII), Semlo (Menu favorit HB IX), Tapak Kucing, Prawan Kenes (Menu favorit HB VIII), Jadah Manten (Menu favorit HB VII), dll.

One thought on “Bale Raos: Masakan Citarasa Sri Sultan

  1. aris

    tertarik yg model kuliner tradisional namun rasa dan penyajian taraf internasional, walaupun harga nya serasa nasional.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


4 + = 11