Air Terjun di Jogja

Tempat wisata Jogja sangat beragam. Beberapa tempat wisata menawarkan pemandangan alam yang indah. Nah..belum bnayak yang tau kan kalaudi Jogja dansekitarnya punya air terjun yang indah. Selama ini kita baru mengenal grojogan sewu di Karanganyar. Dari dari Jogja butuh sekitar 2.5 jam perjalanan. Jauh amir..Berikut beberapa air terjun di sekitar Jogja yang dapat mudah dijangkau.

Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Secara geografis terletak di antara dua gunung, yaitu gunung Merapi dan gunung Merbabu. Tepatnya adalah di Desa Klakah kecamatan Selo kabupaten Boyolali. (dari borobudur sekitar 30 menit) Lokasi wisata air terjun kedung kayang terletak disebelah utara wisata Ketep Pass. Jadi sebelum naik ke ketep pass beluk kiri.

Tempatnya bagus airnya jernih dan air terjunya gede. Dari tempat parkir kita harus jala sekitar 1 km. Selain airterjun disana juga tersedia berbagai macam bibit tanaman hias. Dan kalau mau uji nyali ada terowongan air peninggalan belanda. Waktu kesana penulis coba masuk lorong tersebut sekitar 100 m panjangnya. Walaupun siang hari sewaktu di dalam terasa horor banguet..serasa diikuti..jadi agak keder.

Mau melihan air terjun Telogo Muncar Kaliurang

Air Terjun Tlogomuncar yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Kaliurang berada di kawasan wisata Kaliurang, Sleman di lereng gunung Merapi. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 – 45 meter dan berada pada ketinggian 878 m di atas permukaan laut (dpl) dengan suhu antara 20o-25oC. Sumber mata air terjun ini berada di lereng Bukit Plawangan. Sayangnya saat musim kemarau biasanya air terjunnya mengalami kekeringan, hal ini dikarenakan debit airnya sangat kecil.

Air terjun Parangtritis

air terjun parangtritis

Belum bnayak yang tau kalau di Parangtritis ada air terjunya. Kalau mau kesana seletalh masuk parangtritis berjalanlah ke arah timur. Pasti nanti akan nemu air terjunya. tinggiya sekitar 15 m dan berundak. Kalu kamu berani beisa naik ke atas dan ambil foto narsis mode on..

Air Terjun Sri getuk Gunung Kidul

Terletak satu obyek rangkaian dengan gua Rancang. Menawarkan keindahan alami. Saat ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Gunung Kidul. Untuk sampai ke air terjun Sri Gethuk, pengujung bisa mencapainya dari jalan utama Jogja – Wonosari dengan jarak sekitar 10 km, yang dihiasi dengan jalanan batu putih bukan aspal sepanjang sekitar 3 km yang hanya bisa dilalui oleh maksimal satu kendaraan.

air terjun sri gethuk

Lokasinya yang cukup ekstrim membuatnya tak ada layanan angkutan umum yang beroperasi di daerah tersebut. Jalan satu-satunya adalah hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus yang tak tak terlalu besar.

Sebelum mencapai air terjun Sri Gethuk, pengunjung disarankan untuk menempuh rute lengkap dari yang pertama yaitu Goa Rancang Kencana. Dari goa ini, pengunjung bisa berjalan menuju air terjun atau bisa diantarkan dengan fasilitas kendaraan pick up atau bak oleh pengelola tempat wisata hingga di tepi Sungai Oyo.

3 thoughts on “Air Terjun di Jogja

  1. ada-akbar.com

    saya orang solo yang baru tinggal di Jogja . .
    belm pernah kesana pak . .
    waduh jadi kepengen neh..
    kira2 habis biaya berapa ?
    kalo naek perahu sperti itu ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


5 + 3 =